THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 06 November 2008

SerBA SaLAh


Siang ini ( 06-11-08) akhirnya jadi juga aku pergi dinas luar, yah walaupun untuk urusan yg lumayan berat, NAGIH UTANG, tapi ber3 sih ma Accounting trus Marketing.Ternyata lumayan melelahkan juga ya perjalanan dari Bekasi ke tanah Abang muaaaceeet bikin puyeng.Berangkat padahal udah pagi pagi jam 10.30 eh jam 13.30 baru sampai juga.Yah walaupun agak tegang dan sedikit debat akhirnya ada kesepakatan juga untuk menyelesaikan permasalahan utang yang nunggak lama ini.Jam 15.00 akhirnya kami bertiga meninggalkan kantor Customer tersebut. Di tengah perjalanan perut laper banget nih lom makan siang, akhirnya kami ke Restoran.Setelah makan dan kenyang kami lanjutkan perjalanan pulang. Sampai kembali ke kantor jam 17.00, karena sudah jam pulang kerja langsung aku pulang terus biasa siap2 berangkat kuliah.Ditengah jalan seperti biasa hp bunyi terus, ada telp ada sms biarin deh bodo amat tar aja.Karena sudah magrib aku berhenti di Mushola untuk Sholat dulu.Sebelum Sholat kulihat hp ternyata ada yg minta isi pulsa ( maklum sampingannya jualan pulsa ).Kusempatkan isi pulsa temen dulu trus Sholat dan langsung cabut teruskan perjalanan. Sampai di kampus jam 18.20 langsung kerjakan tugas yg tertunda ( emang biasa sih sering nyontek aja pura2 yah........hee.hee.eee ).Dosen jam pertama ternyata ga masuk kelas, hanya kasih tugas.Langsung kita sibuk dengan tugas deh ( kebetulan mata kuliah gabung ama semester 1 ) ramai deh.Ternyata aku lupa silent hp dah gitu dua2nya bunyi terus lagi yah sms yah telp ( maklum calon bisnismen jadi pegang hp 2 , gaya banget yah ceile....biar murahan yang penting kan punya dua.SOMBONG BANGET YAH AKU?).Anak2 semester 1 pada teriak tiap hp aku bunyi, karena ga enak lagian juga emang temen2 angkatanku pada berisik akhirnya kita semester 3 pindah ke ruang sebelah yang kebetulan kosong.Biasa sambil kerja tetep aja mulut pada berisik.Pas pada diem kembali hp menjerit2 ada yang telp lagi, langsung deh temen2 pada teriak huuuu.uuuuuuuu ( katanya bunyi hp aku norak ) kulihat nomor yg masuk ternyata anak buahku di kerjaan.Ada apa yah ????langsung kuangkat ternyata dia mau ijin pulang kampung, anaknya sakit dan skarang dia lagi nunggu mobil.Melihat kondisi yg seperti ini aku ga bisa berkata tidak yah aku ijinin saja deh dan cuma bisa pesen " hati2 kamu dijalan, salam buat keluarga semoga cepet sembuh anaknya yah".Klik telp kututup kulanjutkan tugas dr Dosen dulu ah.Setelah selesai langsung kita keluar dan ngobrol nunggu dosen jam ke-2.Pada jam 21.00 kuliah selesai langsung aku pulang.Di jalan mampir beli Fried Chicken 2 biji ingat di rumah masih ada nasi di magiccom. Sampai rumah langsung makan.Ternyata pas aku ambil nasi, nasinya sudah keras banget karena dah tiga hari.Yah ga papa deh dah terlanjur lagian juga lom basi( mau dibuang sayang cari duit susah).Kumakan juga nasi keras itu, walaupun agak susah ditelan tapi?????? ada akal dorong aja pakai air putih.Selesai juga makan malamku.Setelah bersih2 t4 tidur langsung deh rebahin diri.Ternyata mata ga mau langsung terpejam.Ku teringat kembali anak buahku yang ijin tadi.Dia sudah terlalu sering ijin karena alasan anak sakit (memang anak istri tinggal terpisah seperti aku juga hee.ee.hee aku banyak temen nih jadi jomblo di rantau).Aku terbayang wajah atasanku yang memang cerewet dan bawel, "wah kalau sampai besok dia tau anak buahku ga masuk ijin pulang pasti tanya macam2".Tapi ya sudahlah aku udah kasih ijin aku harus tanggung resiko.Di satu sisi sebagai karyawan kinerja dia bagus tapi absen buruk sering ijin maklum anaknya masih 11 bulan, sering sakit.Padahal jumat minggu kemarin dia baru mudik tapi aku pesen jangan bolos senin yah, dan dia nurut walaupun saat itu anaknya juga lagi sakit , tapi ga parah sih.Sekarang dia pulang lagi anaknya sakit lagi,mungkin agak parah ( batinku dalam hati saja ).Sebagai atasan aku merasa tidak bijaksana dengan sering memberikan ijin kepada dia, tapi sebagai sesama perantau yg jauh dr anak istri aku juga punya pengalaman yang sama, hal inilah yg membuatku mudah memberikan ijin jika anaknya sakit.Kurang lebih delapan bulan lalu anakku juga sakit.Istriku sms, langsung aku suruh periksa ke dokter.Setiap hari aku telp cek kondisi dia.Di hari ketiga sakitnya anakku, aku kembali telp .Istriku bilang dah ga mau makan, ga mau minum susu, tiduran saja, trus masih muntah juga.Aku ga tahan denger itu semua aku merasa bersalah, karena tidak bisa menjaga dan melindungi dia disaat seperti itu dan merasa berdoasa juga karena belum bisa membeli rumah atau menyewa yg lumayan buat tinggal kami sekeluarga, sehingga harus hidup terpisah sementara waktu ini.Dan aku tahu sekali watak anakku kalo lagi sakit ,pasti dia hanya diem saja sambil merintih2 menahan sakit terkadang sampai mengigau, tak terasa karena rasa bersalah dan sedih aku menangis.Diruang kerja aku masih saja menangis, anak buahku masuk dan dia bertanya, aku hanya diam malah tambah sesenggukan aja ( kalo inget nangis dikantor malu banget deh ).Akhirnya sore hari pulang kuliah aku langsung putuskan mudik saja.Sengaja aku kuliah dulu karena kereta juga berangkatnya malam(maklum kantong tipis jadi naik kereta biar ngirit.Pagi hari sampai aku dirumah langsung aku ke kamar kuucap salam untuk anakku "Assalamualaikum Syifa, gimana masih sakit?sakit apanya? dia jawab salamku sambil tersenyum.Sedih sekali kulihat dia saat itu, muka pucat, kucel karena ga mandi 3 hari trus tidur meringkuk sambil dekap boneka kesayangannya.Biasa kami berdialog sebentar ( memang anakku terbiasa ngobrol sama aku setiap ada kesempatan ber2).Disela sela obrolan itu dia bilang " kok Abi baik sih Syifa sakit pulang, kan kemarin baru pulang"( kebetulan dia sudah pandai komunikasi, lagian kata orang2 anaknya cerewet kaya Abinya hee.hee.eee ) sedih dan terharu aku mendengar pertanyaan itu. Kujawab singkat saja" kan Abi sayang kamu, kamu sekarang lagi sakit Abi pingin temenin kamu".Sesaat kemudian aku beranjak dari kamar ingin bersihin badan ngilangin penat selama perjalanan ( capek banget ga dapat t4 duduk nglesot dibawah maklum naik kereta ekonomi,dah gtu naiknya dari Bekasi). Anakku ikut turun dari kasur, meskipun masih gemetaran saat berjalan,dia mengikuti aku dr belakang.Kularang dia untuk ikut, tidak mau, akhirnya dia menunggu di kursi dekat pintu selama aku bersih2 badan.Selesai aku mandi aku tawarin dia makan, dia mau tapi dengan syarat aku yang suapin .Langsung aku ambil nasi dan sayur aku suapin dia walaupun badan masih berasa capek banget.Mungkin karena masih mual dia hanya makan sedikit.tapi Istriku senang karena anaknya sudah mau makan, walau sedikit.Aku dirumah hanya 2 malam saja karena memang bukan hari libur, tapi kesehatan anakku sudah mulai membaik, sehingga aku putuskan berangkat kembali ke Bekasi, masih banyak kerjaan yg tertunda.Saat aku berangkat dan aku pamitan anakku kembali berujar " makasih yah, Abi dah mau pulang Syifa sakit", senang dan sedih hatiku mendengarnya.ITULAH ALASANKU KENAPA AKU GA BISA BERKATA TIDAK/JANGAN KETIKA ANAK BUAHKU IJIN MUDIK KARENA ALaSAN ANaKNYA SAKIT.KARENA AKU SENDIRI SUDAH MENGALAMI.DENGAN KEPULANG AYAHNYA SIAPA TAHU MENJADI SPIRIT TERSENDIRI BUAT SANG ANAK SEHINGGA LEKAS SEMBUH.Buat atasanku yang juga punya anak kecil, semoga Bapak memahami alasanku dan tidak menyalahkan aku.Karena kita sama2 Bapak muda yg belum pengalaman, dan masih harus banyak belajar.Jika suatu saat Bapak sempat baca tulisan ini aku minta maaf Pak, mungkin aku belum bisa bekerja secara profesional sesuai harapanmu khususnya tentang perijinan ga masuk kerja untuk anak buahku tersebut

1 komentar:

pr4w4nk4mpung mengatakan...

Disini menurutku aku cuma mo comment kl keputusan mas jum itu bener. Kalau harta itu bisa dicari mas tapi kalau yang berhubungan dengan nyawa susah urusannya. bukannya aku berdo'a yang jelek sama anak buah mas jum tetapi bener kan. Aku rasa atasan mas jum jug akan mengerti beliu aza kalau anaknya pagi gak da yang nganterin sekolah pastinya dia juga turun tangan. Sedangkan kalau ini urusan sakit ms. Tahu sendiri anak kecil itu kalau sakit rewelnya minta maaf. Walaupun aku belum ngrasain punya anak sih tapi pengalaman mengatakan seperti itu. Sering tetangga dekat aku aza kalau anaknya sakit juga minta izin. Buat atsan mas jum tolong mengertilah dengan kondisi seperti ini.Terima kasih.